Widgets

Home » , » Pengertian Kesetrum Dan Bahaya Yang Ditimbulkan Bagi Manusia

Pengertian Kesetrum Dan Bahaya Yang Ditimbulkan Bagi Manusia

Written By TEKNIK KETENAGALISTRIKAN on Sunday, May 12, 2013 | 8:05 PM

Pada kesempaan kali ini saya akan membahas tentang Pengertian Kesetrum Dan Bahaya Yang Ditimbulkan Bagi Manusia. Apa Itu Kesetrum ?.



Tersengat listrik atau yang biasa disebut kesetrum adalah peristiwa dimanaterdapat aliran listrik yang mengalir pada tubuh kita. Hal ini dapat terjadi karena pada dasarnya tubuh manusia merupakan konduktor yang baik, dimana tubuh manusia sebagian besar merupakan cairan sehingga mampu menghantarkan listrik dengan baik.

Arus listrik dapat mengalir karena adanya beda potensial antara kedua titik hubung, dimana arus listrik akan mengalir dari titik yang memiliki tegangan tingggi ke tegangan yang lebih rendah. Pada kasus kesetrum, tubuh kita menjadi penghubung antara peralatan elektronik (tegangan tinggi) dengan tanah/ground (tegangan rendah). Oleh karena itulah arus listrik akan mengalir melalui tubuh kita, hal ini sesuai dengan sifat alami listrik yang akan mancari jalan terdekat menuju bumi (dalam hal ini merupakan tubuh kita).

Sebagai contoh saat terjadi petir dimana petir akan menyambar pohon atau bangunan yang lebih tinggi karena itu merupakan jalan terdekat bagi arus listrik untuk sampai ke bumi.
 

Mengapa burung yang bertengger pada kabel tiang listrik tidak kesetrum?? 
Karena mereka bukanlah jalur terdekat menuju bumi (ground). Mereka diibaratkan sebagai jalur buntu karena tubuh mereka (kaki-kaki burung) tidak terhubung secara langsung ke bumi sehingga tidak ada perbedaan potensial yang dapat mengalirkan arus listrik.
Bagaimana mencegah agar tidak kesetrum?? Untuk mencegah agar kita tidak tersetrum caranya sangat mudah yaitu dengan “memotong” jalur arus listrik dengan menggunakan sandal karet atau alas kaki lainnya yang bersifat isolator saat sedang memegang peralatan listrik/elektronik sehingga tubuh kita tidak akan tehubung langsung dengan tanah (gound).
 
Mengapa Kesetrum Itu Berbahaya ?.
Kesetrum dapat membahayakan tubuh manusia karena arus listrik yang mengalir dalam tubuh manusia akan menghasilkan panas yang dapat membakar jaringan dan juga menyebabkan terganggunya fungsi organ tubuh, terutama jantung, otot, dan otak. Efek yang ditimbulkan oleh kesetrum antara lain kejang otot, nafas berhenti, denyut jantung tidak teratur, luka bakar tingkat tiga, sampai yang terburuk adalah kematian.
Aliran listrik yang mengalir pada tubuh kita dapat menyebabkan cedera dengan 3 cara, yaitu :
  • Henti jantung (cardiac arrest), terjadi akibat efek listrik terhadap jantung.
  • Perusakan otot, saraf, dan jaringan oleh arus listrik yang melewati tubuh.
  • Luka bakar termal akibat kontak dengan arus listrik.
Berikut ini akan diberikan tips menangani korban kesetrum, mungkin saja anda akan manjadi pahlawan yang dapat menyelamatkan nyawa seseorang. Langkah-langkah yang seharusnya anda lakukan saat menangani korban kesetrum antara lain:
  1. Jika tubuh korban masih kontak dengan arus listrik, jangan menyentuhnya dengan tangan telanjang! Bisa-bisa anda ikut kesetrum, segera matikan sumber listrik atau memotong kabelnya, jika tidak berhasil gunakan benda yang tidak dapat mengalirkan listrik (isolator) seperti kayu, karet, atau plastic. Atau kalau anda tidak dapat menemukan benda-benda tersebut segera tendang saja tubuh korban dengan sol sepatu anda.
  2. Segera periksa tubuh korban. pastikan sumber listrik sudah tidak menempel di tubuh korban, rebahkan tubuh korban hingga terlentang dan angkat dagunya, segera hubungi ambulans jika memang kondisinya parah.
  3. Sambil menunggu datangnya ambulans segera lakukan pertolongan pertama pada korban dengan cara lihat dan dengar nafasnya, jika korban dalam keadaan tidak bernafas, segera beri nafas bantuan. Coba tekan hidungnya dengan jari anda dan tiupkan udara ke dalam mulutnya dua kali hingga dadanya mengembang.  kemudian periksa denyut nadi di lehernya, jika dalam waktu 5 detik tidak ada tanda-tanda, tekan dadanya sebanyak 5 kali dengan kedua telapak tangan anda (telapak tangan kiri berada di atas dada dan tangan kanan berada di atas punggung tangan kiri, posisi tangan anda berada satu garis dengan putingnya) periksa lagi denyut nadinya, jita tetap tidak ada, ulangi dari awal.
  4. Jika ada luka terbuka di tubuh korban akibat sengatan listrik, segera tutupi dengan benda yang tidak menghantarkan panas seperti kain atau perban.
 
Batasan aman tersetrum arus listrik?

Bahaya arus listrik yang mengalir ke dalam tubuh kita dipengaruhi oleh jenis dan kekuatan arus listrik, ketahanan tubuh terhadap arus listrik, jalur arus listrik ketika masuk ke dalam tubuh serta lamanya arus listrik mengalir di dalam tubuh kita. Semakin besar dan lama arus listrik yang mengalir di dalam tubuh kita maka semakin besar juga bahaya yang dapat ditimbulkan terhadap tubuh kita.
Berikut ini akan diberikan tabel batas arus dan pengaruhnya terhadap tubuh manusia serta tabel besar dan lamanya tegangan sentuh maksimum,
 
Apa bedanya kesetrum arus AC dan DC?
Seperti kita ketahui arus listrik berdasarkan sumbernya dapat dibedakan menjadi 2, yaitu arus listrik searah (DC, direct current) dan arus bolak balik (AC, alternating current). Sumber arus DC adalah batre dan aki sedangkan sumber arus Ac adalah PLN. Efek yang ditimbulkan karena kesetrum arus listrik AC dan DC juga berbeda. 
Mana yang lebih berbahaya? Secara umum efek yang ditimbulkan oleh arus bolak-balik (AC) lebih bahaya jika dibandingkan oleh arus searah (DC). Efek kesetrum arus AC tergantung dari besarnya frekuensi arus, arus yang berfrekuensi rendah lebih berbahaya dibandingkan arus yang frekuensinya tinggi.
Saat tersetrum arus DC, pada tubuh terjadi konstraksi otot yang kuat sehingga menyebabkan korban terdorong/terpental dari sumber arus. Sedangkan jika tersetrum arus AC, saraf korban akan terganggu yang menyebabkan otot terpaku pada posisinya sehingga korban tidak dapat melepaskan genggamannya dari sumber listrik, hal
ini menyebabkan korban terkena sengatan listrik lebih lama sehingga cedera yang dialami pun lebih berat.


Semoga bermanfaat Bagi Para Pembaca Artikel ini



Share this article :
Sukai Blog ini :

28 comments:

  1. jdi inget waktu jaman sekolah dlu Mas hehehe... aku juga dri Litrik, tpi Listrik Instalasi ... :)
    artikel yg sangat bermanfaat mas dan menambah pengetahuan bagi yg blm mengerti tentang bahaya setrum .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mas saya juga dari lisrik instalasi karea dari SMK kebanyakan saya belajarnya tentang instalasi walaupun dengan materi2 lainya
      amin yarrrabal'alamin
      terimakasih atas supportnya mas semoga sehat selalu

      Delete
  2. dulu ane sering kesetrum, tapi alhamdulillah ane masih selamat ^_^ . nice post Sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah sobat masih selamat,, pesan saya jangan bermain dengan arus ataupun tegangan listrik yang dapat membahayakan diri sendiri ataupun orang lain kawan ingat keselamatan yang utama
      semoga sukses selalu kawan

      Delete
  3. Sy malah lucu mas punya cerita....sanking takut sama setrumnya..

    Pas lagi mau naik ke dalam loteng rumah buat nyambung kabel lampu...terpaksa meteran sy turunin...sikringnya sy copot...trus sy kantongin...hehe :)
    ------
    Wah info ini...memang penting bgt nih mas...
    Trims ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah tindakan anda bagus banget mas itu salah satu cara yang efektif untuk mencegah terjadinya kesetrum saat melakukan penyambungan kabeel yang bertegangan gan.
      kalau saya memperbaiki instalasi waktu dirumah hanya menurunkan mcb dari on ke off sedangkan bapak saya pakai caranya mas yang mencopot sekering dan menyembunyikanya entah dimana ,,hehe
      terimakasih mas semoga bermanfaat mas untuk anda

      Delete
  4. Dulu waktu aku masih kecil pernah liat orang betulin genteng gak sengaja megang kabel listrik di deketnya, ih ngeri liatnya badannya gak bisa lepas dari kabel listrik sampe badannya gosong terbakar... kasian banget... makasih infonya gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sungguh pengalaman yang sangat mengesankan dan tak bisa dilupakan kawan
      dulu saya juga pernah ada tetangga yang iseng ngcek tegangan pln pada tiang listrik menggunakan testpen,, kontan saja orang tersebut mental dari tiang listrik dan menderita luka bakar sobat
      sama-sama gan
      semoga bermanfaat untuk anda gan

      Delete
  5. Kalau lantai sama aja ya soB, apakah merupakan penghantar listrik ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lantai tergantung jenisnya kawan jika terbuat dari bahan keramik merupakan isolasi listrik , tetapi jika keramik tersebut basah maka dapat menghantarkan listrik gan,

      Delete
  6. kesetrum arus AC lebih bahaya soalnya arus listriknya bolak balik terus ya mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih berbahaya jika tersetrum arus DC atau searah sobat karena jika sudah kesetrum tidak bisa lepas lagi jika sumber listrik DC belum dimatikan jika listrik AC kesetrum biasanya langsung mental kawan klau DC seperti tertarik kawan

      Delete
  7. Thank atas Infonya Kawan jangan Luma Follow Matasumber.com(matasumber2.blogspot.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan semoga bermanfaat untuk nada sobat
      siap luncurkan kawan

      Delete
  8. Cool......

    Untuk info pelatihan & sertifikasi K3 Klik : deltaindo.co.id

    ReplyDelete
  9. apakah air temasuk penghantar listrik,,,,???
    dan apa sebabnya,,,,???

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih sobat atas pertanyaanya saya akan mencoba menjawab pertanyaan anda
      ya, tentu saja air termasuk pengahantar listrik. buktinya kalau tangan kita sedang basah dan kita menancapkan steker ke stopkontak maka tangan kita bisa tersetrum
      karena didalam air terkandung berbagai mineral didalamnya juga terkandung unsur logam yang dapat menghanarkan listrik

      Delete
  10. ane baru tau ternyata orang kesetrum itu ada tingkatannya ya..

    ReplyDelete
  11. ane pernah tuh kesetrum pas nyolokin kabel power ke listrik. talah gak pake sandal eh ternyata bikin tegang otot ane

    ReplyDelete
  12. wah harus ngati ati nih ama tegangan..

    ReplyDelete
  13. baru tau ane kalo manusia ada tingkatan setrumnya... hihi

    ReplyDelete
  14. bahaya banget nih listrik kalo kita gak ngati ati..

    ReplyDelete
  15. kalo tangan habis kenak air di lap dulu sampai kering agan semua

    ReplyDelete
  16. Hp . p . has never swapped unquestionably the outer fashion fantastic as it age,
    which happens to be mostly the action (challenging exception of the
    touch pad). Joe might be those calm diet plan whenever you're troubled together with becoming fearful, and yet fully grasp that after you consistently chug recorded on particular caffeine-rich drink, one is at best will make your stress levels and consequently worry a whole. You will get turning out to be an opportunity of a cocoon linked to toil with his fantastic motivated hurdling from the action you need to do. This is FALSE. The type of tru chlorine with the store-boughten harsh detergents must be salt hypochlorite 5-6%.

    Feel free to visit my blog turkish coffee grinder wiki

    ReplyDelete
  17. posisi saya skrg berada dirumah sakit krn terkena serangan listrik kabel pln, kulit terbakar mengelupas tak bs di gerakan, yg ingin saya tnyakan seandainya pd waktu itu saya memakai sendal kayu, apkh msih bs kesetrum?

    ReplyDelete
  18. kesetrum tuh rasannya mantab, apalagi kesetrum cinta, hehe..... sudah berkunjung balik bro

    ReplyDelete
  19. mau tanya...

    fungsi ground itu buat apa??

    ReplyDelete
  20. mau tanya...

    fungsi ground itu buat apa??

    ReplyDelete

Subscribe via email untuk berlangganan artikel terbaru dari blog ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Teknik Ketenagalistrikan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Gunawan Template
Proudly powered by Blogger