Widgets

Home » » Fungsi Panel Listrik

Fungsi Panel Listrik

Written By TEKNIK KETENAGALISTRIKAN on Sunday, April 14, 2013 | 7:42 PM



                     PANEL

Panel listrik dibedakan menjadi dua, yaitu panel daya dan panel distribusi listrik.
 Panel distribusi listrik berguna untuk mengalirkan energi listrik dari pusat atau gardu induk step down. Panel daya adalah tempat yntuk menyalurkan dan mendistribusikan energi listrik dari gardu induk step down kepanel-panel distribusinya. 

Sedangkan yang dimaksud panel distribusi daya adalah tempat menyalurkan dan
mendistribusikan energi listrik dari panel daya kebeban panel (konsumen) baik untuk istalasi tenaga maupun untuk instalasi penerangan.
Panel daya dan distribusi listrik digunakan untuk memudahkan pembagian energi listik secara merata,pengamanan instalasi dan pemakaian,dan pemeriksaan dan perawatan panel listrik.

Sumber : modul pemeliharaan panel listrik

Dalam pembuatan panel kita harus memperhatikan hal-halnpenting, seperti panel harus mudah dilayani,dipasang pada tempat yang mudah dipakai,didepan panel ruanganya harus bebas,panel tidak boleh ditempatkan pada tempat yang lembab.
Panel berfungsi untuk membagi daya instalasi dan daya tenaga. Di industri pada umumnya perlengkapan PHB dibagi atas panel untuk penerangan dan untuk tenaga. Pada panel tenaga biasa dipasang pengaman tegangan nol. Panel tenaga dan panel penerangan dipisahkan untuk mengantisipasi terjadi gangguan dari salah satu panel tenaga maupun panel penerangan supaya tidak mempengaruhi keduanya.Panel harus dihubung tanahkan atau diberi grounding untuk memperkecil tegangan sentuh listrik apabila terjadi kebocoran isolasi.
Besar penampang harus sesuai dengan PUIL berguna untuk mengetahui besar tegangan antar fasa, arus,dll. Panel dilengkapi dengan alat ukur volt meter, amper meter, dan lampu indikator.
            Panel juga memiliki bermacam-macam alat kontrol, seperti sakelar, tombol tekan , lampu indikator, sakelar magnet, kawat penghubung. Kemampuan alat kontrol harus sesuai dengan penggunaan dan harus memiliki tanda atau kode warna yang sesuai, seperti tombol merah untuk memutuskan tegangan dan tombol hijau untuk menghubungkan tegangan sehingga mempermudah pelayanan

Share this article :
Sukai Blog ini :

0 comments:

Post a Comment

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Subscribe via email untuk berlangganan artikel terbaru dari blog ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Teknik Ketenagalistrikan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Gunawan Template
Proudly powered by Blogger