Widgets

Home » , , » Macam-Macam Alat Ukur Yang Digunakan Dalam Bidang Elektronika

Macam-Macam Alat Ukur Yang Digunakan Dalam Bidang Elektronika

Written By TEKNIK KETENAGALISTRIKAN on Tuesday, April 16, 2013 | 11:46 AM

Alat ukur elektronika adalah merupakan alat yang digunakan untuk mengukur besaran-besaran listrik seperti hambatan listrik (R), kuat arus listrik (I), beda potensial listrik (V), daya listrik (P), dan lainnya.Ada
beberapa macam alat ukur elektronikayang biasa digunakan hobbyst dan praktisi elektronika. Alat ukur ini sangat berguna sekali dalam mempercepat dan memperlancar kerja sewaktu bereksperimen atau memperbaiki rangkaian-rangkaian elektronika.
Berikut ini kami sajikan macam-macam alat ukur dalam dunia elektronika:
Amperemeter
Pada penghantar padat muatan listrik berpindah melalui elektron, sedang pada
penghantar cair atau gas muatan listrik itu berpindah melalui ion. Ampere adalah satuan arus listrik. Arus listrik adalah gerakan perpindahan aliran muatan listrik. Istilah Ampere menyatakan banyaknya muatan listrik yang berpindah atau mengalir setiap detik (Coulomb/det).
Amperemeter
Amperemeter adalah alat pengukur kuat arus yang mengalir. Oleh karena itu amperemeter dipasang seri terhadap beban yang memakai arus. Cara lain adalah memasang Amperemeter paralel terhadap trafo arus. Jadi arus primer yang besar adalah arus beban, arus sekunder yang kecil adalah arus pengukuran (arus yang mengalir ke Ampere-meter). Dengan demikian Amperemeter yang kecil pun dapat mengukur arus yang besar.
Voltmeter
Volt adalah satuan tekanan listrik. Istilah Volt adalah menyatakan besarnya energi yang diperlukan untuk memindahkan muatan listrik sebesar 1Joule/Coulomb. Alat untuk mengukur besarnya tekanan listrik ialah Voltmeter. Alat ini digunakan untuk mengukur e.m.f (kekuatan elektromotif) yang dihasilkan oleh sumber listrik atau perbedaan potensial antara dua titik dalam sebuah sirkit. Tegangan selalu berada antara dua titik yang diukur antara perbedaan tegangan antara sebuah titik dengan titik lainnya. Oleh karena itu, voltmeter dihubungkan memotong aliran tegangan yang hendak diukur.
Voltmeter
Ohmmeter
Ohmmeter digunakan untu mengukur tahanan suatu sirkit atau komponen. Sebelum melakukan pengukuran, lepaskan dahulu hubungan sirkit dari sumber tegangan untuk mencegah rusaknya ohmmeter, dan lepaskan hubungan komponen yang akan diukur dari bagian sirkit yang lain untuk menghindari kekeliruan dalam penunjukan yang mungkin terjadi karena jalur-jalur tahanan yang paralel.
Ohmmeter
Ohmmeter yang sederhana memerlukan sumber listrik kering untuk mengalirkan arus melalui suatu miliampermeter / mikroampermeter. Secara proporsional arus itu berbanding terbalik dengan tahanan yang akan diukur. Suatu tahanan variabel akan menyebabkan perubahan pada tegangan baterai dan penyesuaian indikasi tahanan nol ketika kedua batang pengetes dipertemukan. Sebuah resistor tetap yang dihubungkan secara seri membatasi arus sampai ukuran maksimum yang telah ditentukan, untuk menjaga agar resistor variabel turun sampai nol.
Frekuensimeter
Frekuensi listrik adalah menyatakan berapa kali terjadi perubahan polariteit dari sumber arus bolak-balik. Herzt adalah satuan frekuensi listrik. Istilah Herzt adalah menyatakan besarnya perubahan polarisasi setiap detik. Frekuensi-meter adalah Alat untuk mengukur besarnya frekuensi listrik. Alat ini hanya satu buah untuk satu generator dan dipasang pada papan pembagi utama (Main Switch Board).
Frekuensimeter
Wattmeter
Daya adalah menyatakan berapa cepat suatu usaha dilakukan dan dapat berupa
kerja mekanik atau energi listrik atau energi kalor. Watt adalah satuan daya. Istilah Watt adalah menyatakan besarnya energi yg dikeluarkan setiap detik. Besarnya daya listrik (Watt) dapat diperoleh dari hasil kali antara Ampere dan Volt. Alat untuk mengukur besarnya daya listrik ialah Watt-meter, tapi lebih sering digunakan yang lebih besar yaitu kW-meter (kilo Watt meter).
KWmeter
Demikianlah ulasan yang telah kami ketengahkan mengenai Macam-macam Alat Ukur Elektronika.  Semoga kehadiran artikel ini bisa menambah wawasan pengetahuan Anda.

Share this article :
Sukai Blog ini :

15 comments:

  1. kunjunga sobat
    http://thr-21.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih sobat atas kunjunganya, selamat malam semoga sukses selalu

      Delete
  2. Artikel konstruktif, edukatif dan informatif kawan. Thanks telah berbagi. Sukses selalu sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kawan atas kunjungan dan do'anya
      sukses selalu kembali
      selamat malam

      Delete
  3. agak ga ngerti sih sbnrnya ama yg bgnian.. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. smoga anda lekas mengerti dengan cara mengunjungi blog saya ini hehe
      slamat malam kawan terimakasih kunjunganya kawanku

      Delete
  4. ternyata banyak juga yah alat untuk mengukur listrik, aku taunya Multi meter doang xixiii... Nice info sobatku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe itu baru yang elektronika sebagian sobatku untuk alat ukur listrik lainya masih banyak lagi kawan hehe
      terimakasih atas kunjunganya sobatku selamat dini hari

      Delete
  5. salam fisika kawan,, heheh
    saya sudah berkomentar terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe
      sebenarnya saya tidak suka fisika pak
      tapi karena membalas salam itu hukumnya wajib.
      salam fisika kembali pak hehe
      terimakasih kunjungan dan komentarnya

      Delete
  6. Posrtingan menarik yang sangat berguna sekali sobat, terus terang selama ini saya tdk tahu soal alat-alat ukur khususnya dalam bidang elektroni elektronik, tapi dengan membaca postingan ini alhamdulillah tambah sedikit informasi pengetahuan.
    terima kasih sudah banyak berbagi sobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah jika demikian sobat senang sekali saya dapat membuat postingan yang dapat bermanfaat bagi orang lain , salam sukses kawan

      Delete
  7. jujur ane baru tahu sob yg frekuensimeter, thx sudah nambah ilmu di otak saya.....

    ReplyDelete

Subscribe via email untuk berlangganan artikel terbaru dari blog ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Teknik Ketenagalistrikan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Gunawan Template
Proudly powered by Blogger